Workshop Penyusunan DUPAK/PAK Jabatan Guru dan Kesehatan di Humbang Hasundutan


Peserta Workshop penyusunan DUPAK/PAK jabatan guru dan kesehatan

Pemkab Humbang Hasundutan mengadakan workshop penyusunan DUPAK/PAK (Daftar Uraian Penetapan Angka Kredit/Penetapan Angka Kredit) selama tiga (3) hari bagi jabatan fungsional guru dan kesehatan bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul. Workshop itu telah dibuka Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing, Senin (6/11) di Aula Huta Mas Doloksanggul.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengatakan jabatan fungsional guru dan kesehatan merupakan sumber daya aparatur yang mempunyai peranan sangat penting dalam keberhasilan pembangunan. Ketersediaan jabatan fungsional guru dan kesehatan yang professional dan berkualitas akan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pembangunan manusia seutuhnya.

Dalam menjalankan tugas sebagai jabatan fungsional guru dan jabatan fungsional kesehatan dituntut untuk dapat bekerja secara professional dan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas demi terciptanya SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas.

Sesuai dengan ketentuan PP Nomor 16 Tahun 1994 tentang jabatan fungsional PNS dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 16 Tahun 1999 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya diamanatkan bahwa untuk menjamin objektifitas penilaian tugas dan fungsi yang melekat pada jabatan fungsional.  Maka pelaksanaan tugas guru maupun kesehatan dinilai sesuai ketentuan serta dikonversikan ke dalam bentuk perhitungan angka kredit jabatan fungsional. Maka untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan kompetensi dalam melakukan penilaian tugas guru dan kesehatan dalam bentuk penyusunan dan penetapan angka kredit.

Peserta Workshop penyusunan DUPAK/PAK jabatan guru dan kesehatan

Kegiatan workshop ini diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan serta meningkatkan kompetensi para PNS/ASN jabatan fungsional guru dan kesehatan untuk dalam penyusunan serta perhitungan angka kredit. Sehingga nantinya seluruh peserta bimbingan teknis ini mampu melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Tidak ada kesempatan bersantai-santai, berikan kontribusi untuk kemajuan Kabupaten Humbang Hasundutan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

‘Keberhasilan dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Humbang Hasundutan ini merupakan tanggungjawab kita bersama, untuk itu kita harus lebih bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja serius dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan demi terwujudnya visi Kabupaten Humbang Hasundutan yakni Humbang Hasundutan Yang Hebat dan Bermentalitas Unggul. Kegiatan ini dilaksanakan bukan hanya untuk formalitas belaka, akan tetapi kegiatan ini menggunakan APBD yang tidak sedikit. Oleh karena itu saya minta kepada saudara para peserta agar memanfaatkan kegiatan ini untuk menambah dan memperdalam pengetahuan tentang penyusunan dan penilaian angka kredit sehingga proses penetapan angka kredit tenaga fungsional dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku yang nantinya akan berdampak positif terhadap pembinaan karir kepangkatan jabatan fungsional. Sekarang ini masyarakat sudah semakin kritis terhadap kinerja aparatur pemerintah. Kita dituntut untuk mampu bekerja lebih proaktif dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan’ tambah Bupati Humbahas.

Asisten Pemerintahan Drs Tonny Sihombing menyematkan tanda pengenal kepada perwakilan peserta Yusriani Gultom

Sementara Plt Kepala BKD Humbahas Drs Janter Sinaga mengatakan dalam workshop ini mendatangkan nara sumber dari kantor Regional VI BKN Medan yaitu Kabid Mutasi dan Status Kepegawaian Westerling Siregar SH dan Kasi Mutasi Instansi Kabupaten/Kota Susilo Handoyo SH.  Materi workshop yaitu kebijakan manajemen kepegawaian dan kebijakan jabatan fungsional. Menajemen karir jabatan fungsional. Kedudukan dan tugas pokok jabatan fungsional dan lainnya termasuk mekanisme dan prosedur pengusulan kenaikan pangkat dan penyusunan DUPAK/PAK serta praktek penyusunan DUPAK/PAK.

Tujuannya meningkatkan pengetahuan, keahlian dan kemampuan untuk melaksanakan penilaian dan perhitungan angka kredit dalam DUPAK/PAK. Menciptakan aparatur yang mampu melaksanakan tugasnya dalam pelayanan administrasi kepegawaian khususnya kepada tim penilai angka kredit dan penilai angka kredit bagi pejabat yang menduduki jabatan fungsional guru dan kesehatan. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir tim penilai angka kredit terhadap penilaian angka kredit bagi pejabat yang menduduki jabatan fungsional guru dan kesehatan. Kemudian menghindari kesalahan dalam penilaian dan penetapan DUPAK/PAK yang mengakibatkan PNS tidak dapat naik pangkat. Workshop diawali dengan penyematan tanda pengenal kepada perwakilan peserta yaitu Kriston SP Situmeang (kesehatan) dan Yusriani Gultom (guru). (rel/rhs/Diskominfo)

Kabid Mutasi dan Status Kepegawaian Regional VI BKN Medan Westerling Siregar SH memberikan ucapan selamat kepada Yusriani Gultom untuk mengikuti Workshop penyusunan DUPAK/PAK jabatan guru dan kesehatan

 

Menyanyikan lagu Indonesia Raya saat Workshop penyusunan DUPAK/PAK jabatan guru dan kesehatan