Bupati Lantik Sekdakab Humbang Hasundutan Drs Tonny Sihombing MIP


Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE melantik Sekdakab Humbahas Drs Tonny Sihombing MIP di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (4/5).

Doloksanggul (Protokol)

 Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE lantik Sekdakab Humbahas Drs Tonny Sihombing MIP, Jumat (4/5) bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Tonny Sihombing sebelumnya menjabat Asisten Pemerintahan Pemkab Humbang Hasundutan. Selanjutnya pelaksana tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dipercayakan kepada Makden Sihombing S.Sos MM yang juga sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik.

Selain keluarga, pelantikan itu dihadiri Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, anggota DPRRI Sahat Silaban, Ketua PN Tarutung Hendra Utama Sotardodo SH, Pabung 0210/TU Mayor Inf Holden Gultom, Wakapolres Humbahas Kompol David P Silalahi, Bishop GKLI Pdt Esra Sinaga SE MA, Ketua TP PKK Humbahas Ny Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Humbahas Ny Tiur Mariati Saut Parlindungan Simamora, OPD, tokoh masyarakat RW Manalu dan lainnya. 

Kepala BKD Domu Lumbangaol SPd melaporkan pelaksanaan pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama berdasarkan surat edaran Menteri PAN-RB nomor 96.1/M.SM.99/2017 tentang tata cara pengisian JPT (jabatan pimpinan tinggi) Pratama Sekretaris Daerah. Surat ketua KASN nomor B.476/KASN/03/2018 tentang rencana seleksi terbuka JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan. Berita acara panitia seleksi nomor 09/Pansel-JTP/HH/2018 tentang pemilihan tiga (3) peserta dengan nilai terbaik yang diusulkan untuk mengisi JPT Pratama  Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan. Surat Gubsu nomor 800/14316/BKD/III/2018 perihal pengangkatan JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan. Surat Ketua KASN nomor B-948/KASN/04/2018 tentang rekomendasi hasil seleksi JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan. Kemudian keputusan Bupati Humbahas nomor 824.21/1039/BKD/2018 tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan.  Pelantikan merupakan tindak lanjut hasil seleksi terbuka pengisian JPT Pratama yang dilaksanakan panitia seleksi melalui tahapan seleksi administrasi, seleksi kompetensi/psikotest oleh tim asesor independen. Kemudian hasil wawancara akhir/penyampaian visi dan misi oleh panitia seleksi.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengucapkan terimakasih kepada Staf Ahli Bidang Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Drs Augus Panuturi Marbun MSi yang telah melaksanakan tugas sebagai Plt Sekda. Bupati menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dedikasi dan pengabdian yang selama ini telah diberikan selama melaksanakan tanggungjawab.

Penetapan Sekda, ada mekanisme yang telah diatur sesuai dengan PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, pengisian JPT Pratama Sekda yang dilakukan secara terbuka dan kompetitif. Ucapan terimakasih juga disampakan kepada panitia pansel, yang telah memberikan pemikiran dalam pelaksanaan seleksi JPT Pratama Sekda untuk menghasilkan yang terbaik buat kemajuan Kabupaten Humbang Hasundutan.

 Saat ini Pemkab Humbahas sedang gencar-gencarnya melaksanakan program pembangunan kemasyarakatan. Ditengah kompleksnya permasalahan dalam pelaksanaan pelayanan masyarakat diperlukan perubahan kearah yang lebih baik. Sehigga sangat diharapkan kepada Sekda sebagai pejabat struktural tertinggi mampu menyatukan derap langkah seluruh OPD dalam melaksanakan perubahan kearah yang lebih baik.

“Saudara terpilih melalui proses yang tidak mudah, saya percaya karena andalah yang terbaik, sehingga terpilih menjadi Sekretaris Daerah. Tugas saudara sebagai Sekda sangat berat, saudara harus mampu memecahkan semua permasalahan dan mencari solusi penyelesaiannya. Berhasil tidaknya pemerintahan akan sangat banyak ditentukan Sekda, saya minta agar mampu menterjemahkan visi misi Pemkab Humbahas. Karena saudara yang akan membantu bupati dalam menyususn kebijakan. Tugas saudara bukan hanya tugas rutin semata tapi harus dapat juga membaca situasi, menentukan langkah-langkah yang taktis dan strategis dalam rangka menata, membina dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat” pinta bupati.

Dikatakan lagi, bahwa tantangan tugas Pemkab Humbahas dihari-hari mendatang semakin berat terutama untuk menangani tuntutan dan harapan masyarakat. Apalagi dalam waktu dekat ini, akan memasuki tahun politik. Maka Sekda harus terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi, harus mampu berkomunikasi dan berkoordinasi secara produktif kepada seluruh institusi baik internal maupun eksternal. Untuk mencapai visi misi mewujudkan Humbahas Hebat, bupati mengingatkan untuk melakukan tata kelola pemerintahan yang baik. Semua tindakan dan kebijakan harus tertib administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehigga semua kegiatan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik. Sebagai pimpinan, harus selalu melakukan kontrol terhadap bawahan, sehingga setiap kesalahan dapat ditelusuri hingga kesumbernya untuk memudahkan evaluasi dan perbaikan.

Akhir sambutannya, Bupati Humbahas meminta kepada Sekda Tonny Sihombing dalam melaksanakan tugas agar meningkatkan dispilin PNS, berdayakan semua potensi PNS yang dimiliki dengan prinsip birokrasi yang cepat, tepat dan taat asas. Kemudian kembangkan sistem penyusunan anggaran yang berbasis kinerja, dengan memperhatikan argumentasi OPD atas semua usulan secara komprehensif. Bangun hubungan kerja yang baik dengan mitra kerja seperti DPRD, Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat dalam rangka mengembangkan kebijakan daerah dan kelancaran pelaksanaan tugas pembangunan dan pemerintahan. Jabatan suatu amanah dan kehormatan, jalankan tugas dengan baik melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja serius. (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol)