Angkasa Pura II Bandara Silangit bantu Pemkab Humbahas 1 Unit Mobil Perpustakaan


Doloksanggul (….)

P.T. Angkasa Pura II cabang Bandara Silangit,  memberi bantuan I Unit Mobil Perpustakaan kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan. Bantuan ini diserahkan General Manager, Hota Manalu dan  diterima langsung oleh Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE di Pelataran Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul (12/9).

Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya menyampaikan bahwa membaca merupakan salah satu faktor utama dalam meningkatkan kualitas hidup manusia. Dengan membaca, manusia akan memperkaya pengetahuan serta memperluas wawasan untuk membentuk watak dan sikap sejalan dengan bertambahnya pengetahuan. Masyarakat cerdas sangat ditentukan budaya belajar dengan salah satu indikatornya, yaitu budaya membaca.

Perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca dan memperluas wawasan dan pengetahuan pemustaka.

Peran perpustakaan dalam mencerdaskan masyarakat menjadi perhatian penting bagi pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan, hal ini terbukti dengan terbentuknya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Dengan baru terbentuknya dinas ini tentu fasilitas masih kurang memadai, namun dengan bantuan mobil perpustakaan keliling dari PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Silangit ini sudah membantu memenuhi fasilitas perpustakaan di Humbang Hasundutan. Dengan bantuan ini, Dosmar Banjarnahor mengharapkan dapat meningkatkan layanan perpustakaan, meningkatkan dukungan kepala sekolah terhadap peserta didik, meningkatkan kesungguhan peserta didik menggunakan mobil perpustakaan.

Dosmar Banjarnahor juga mengharapkan tetap terjalin kerjasama yang baik antara Pemkab Humbahas dengan PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Silangit, dan mengucapkan terimakasih kepada GM. PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Silangit yang memprioritaskan Kabupaten Humbahas untuk menerima bantuan mobil Perpustakaan ini.

Sebelumnya GM. PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Silangit, Hota Manalu menyampaikan Angkasa Pura II belumlah item dalam penyedia lapangan kerja, tapi kita akan tetap berusaha untuk sejajar dengan perusahaan seperti Telkom dan sekelas pertanian.

Sekaitan dengan pemberian bantuan berupa Mobil Perpustakaan, Hota menjelaskan setiap tahun secara rutin Angkasa Pura II merencanakan pemberian bantuan seperti ini, tahun sebelumnya kita juga memberikan bantuan seperti truk sampah dan lainnya walaupun hanya sampai di Kec. Paranginan. Tahun sebelumnya kita sudah memberikan bantuan ke Pemkab. Tapanuli Utara dan tahun ini kita serahkan ke Pemkab Humbang Hasundutan.

Hasil pemberian bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan SDM  yang cerdas dan luarbiasa di masa depan.

Hadir dalam acara serah terima mobil perpustakaan tersebut Ketua TP. PKK Humbahas, Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, Sekretaris Daerah, Saul Situmorang, SE, M.Si, Asisten Pemerintahan, Drs. Tony Sihombing, MIP, dan sejumlah SKPD lainnya, romgongan dari PT. Angkas Pura II cabang Bandara Silangit serta sejumlah siswa siswi yang mewakili tingkat SD, SMP dan SLTA yang didampingi guru dan kepala sekolah masing-masing.

Dalam Laporan tertulisnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs. Lautdin Sitinjak menyampaikan bantuan yang diberikan PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Silangit berupa satu unit mobil perpustakaan keliling beserta perlengkapannya kepada Pemkab Humbang Hasundutan. (rel/ST/Kominfo)